Selasa, 03 April 2012

Hong


Penjelasan..

Komunitas Hong, Dago Pakar, Bandung.
Kangen mainan tradisional? Atau ingin memperkenalkan mainan "jaman dulu" ke anak-anak sekarang? Di sini tempatnya, di komunitas Hong, Bandung.

Pas kami ke sana hari Minggu lalu, ada serombongan anak SMA yang lagi photo session untuk buku tahunan, sambil mencoba-coba berbagai mainan tradisional. Lucu juga melihat mereka belajar main lompat tali karet (dengan coach yang memberi arahan detil tentang cara melompat, aturan main, dsb), belajar main congklak, atau gemetaran naik egrang..

Jadi ingat dolanan model kampung jaman dulu..
Sepak sekong, gobak sodor, boi-boian.. Apa lagi?


Selengkapnya tentang komunitas Hong ada di sini:
http://www.indonesia.travel/id/destination/595/taman-hutan-raya-ir-h-djuanda/article/73/komunitas-hong-surga-permainan-anak-tradisional

48 komentar:

  1. kok nggak ada bekel ya?......
    secara aku dulu kecil penyakitan..yang sering kumainkan hanya bekel dan dakon...
    kalau yang lain..cuman liat dari pinggir.....kasihan yaaa....hihihi

    BalasHapus
  2. haha.. aku dulu juga suka bekel.. dakon sekali sekali, bukan karena penyakitan, tapi agak berat kalo lari-lari.. :p
    engklek nggak ada kayaknya.. engklek tu sundah mandah ya?

    eh, kata si Akang di sana, kalo ada keluarga ke sana, biasanya yang heboh mau main malah Bapak ibuknya.. :)

    BalasHapus
  3. wah.. opo kui..? rung tau krungu..

    BalasHapus
  4. eta mojang kerudung utih geulis pisaaan...

    BalasHapus
  5. Itu yang berjilbab siapa....?

    BalasHapus
  6. pangal...? gasing hudu...? gangsingan

    BalasHapus
  7. nu geluis euyyy....
    abdi hayanggg.... :P

    BalasHapus
  8. Mbak, ini di dago pakar sebelah mana? Dago tea house mananya?
    Mumpung long weekend mau ke bandung pengen kesana ah..

    BalasHapus
  9. Wanita berjiblab pake rok itu mb Hida kah? Pangling

    BalasHapus
  10. mbak, ada batasan umur gak untuk pengunjung yg diperbolehkan nyoba2in mainan ? *edit, kurang tanda tanya*
    aku mbayangke cah cilik2 dolanan dakon, kecik'e klomoh kabeh diemut :-D

    BalasHapus
  11. Si Neng lompat tali pake jarik? wow

    BalasHapus
  12. Hihihi, Mbak'e, aku jadi inget waktu kita bikin acara jaman MPers jadul di Bulaksumur UGM, rame banget kan waktu itu, jebule si 'penggagas' malah telat datangnya, wkwkwk :-D

    BalasHapus
  13. kumaha? teh Hida lulus bebedilan teu? :)

    BalasHapus
  14. Teteh, kumaha kabarna?
    Iraha atuh ameng ka Bandung?

    Lama gak liat Teteh di MP euy!
    Sono pisaaan :D

    BalasHapus
  15. lucu ya..? posenya sama.. posturnya mirip.. :D

    BalasHapus
  16. Hayyyah ... gayaaa...! takon baraang..

    BalasHapus
  17. Iyaa.. kalo ingat mainan tradisional, ingat Eka "melayang' main lompat tali karet di Bulaksumur.. :)

    BalasHapus
  18. Iya.. kalo mau bikin lagi, di sini aja Imaa.. nggak repot, ada supervisornya, bisa sewa propertinya sekalian :D

    BalasHapus
  19. seger-seger.. brondongnya juga :p

    BalasHapus
  20. ada supervisornya kok.. kalo ada tanda-tanda berbahaya atau mau ngerusak mainan, pasti ditegur.. hehe

    BalasHapus
  21. cah siji iki paling cepet.. nek bangsa weruh sing ngene iki.. :p

    BalasHapus
  22. mesiunya pake leunca.. hampir kena si Akang yang lagi moto :p
    kalo pake tulup, udah bikin bolong kanvas poto.. untung gak kena denda

    BalasHapus
  23. Aduh Mbak Nia... nggak bisa ngejelasinnya, soalnya nggak ngerti Bandung, pake nyasar-nyasar pokoknya.. hehe..
    Ini alamatnya..
    PAKARANGAN ULIN DAGO PAKAR Bandung
    Jln. Bukit Pakar Utara No. 35 Bandung 40198
    Tlp 022-2515773 – 085295111950

    BalasHapus
  24. mesiunya pake leunca.. hampir kena si Akang yang lagi moto :p
    kalo pake tulup, udah bikin bolong kanvas poto.. untung gak kena denda

    BalasHapus
  25. Oh Iya.. tidak ada plang tulisan apa-apa di depannya, jadi, rajin-rajin bertanya saja, Mbak.. :)

    BalasHapus
  26. di Jogja OK juga kali ya buka usaha permainanan tradisional gini...?

    Negara yang banyak pulau gini inti permainan tradisionalnya banyak miripnya ya

    Klo nama permainan di tempat saya dulu berbeda dengan di jawa sini tapi ujudnya sama...

    BalasHapus
  27. yang paling kanan di sumatra dulu klo ga salah namanya permainan statak, pake lempar ucak (biasanya berujud marmer/keramik/batuk pipih ke arah petakan tertentu, lalu melangkah sebelah kaki atau menjejak langsung dengan 2 kaki.

    Yang kiri itu juga sering main waktu kecil, lupa namanya, sampe kaki pegal-pegal karena terbelit, dan pada berjatuhan karena saling tarik, hehe....

    BalasHapus
  28. Dakon klo di sumatra sana namanya congklak, hobi banget tuh dulu...

    BalasHapus
  29. hehehee, walopun identik dengan permainan anak perempuan, tapi saya dan anak-anak laki-lakinya ya suka permainan lompat tali/karet ini, sampe tinggi tangan mengacung di atas kepala...

    BalasHapus
  30. kayaknya mirip dengan dengan permainan waktu kecil juga, lupa namanya, apa ini pake bambu ada dua potongan gitu seperti pompa tangan, lalu nanti amunisinya (biasanya dulu pake daun tertentu atau buah inai/bonsai yang warna kuning sebesar leunca juga atau pake putik jambu air), lalu di dorong karena ada tekanan jadi amunisi yang berada di ujung meletup/melesat ke luar?

    tapi di era/usia yang lebih remaja di tempat saya permainan bedil-bedilan lebih berbahaya, pake amunisi korek api yang bisa melesat gitu dan sampe bisa membakar baju...

    BalasHapus
  31. dulu masa kecilku seneng banget mainan gini

    BalasHapus
  32. coba saja Wid..
    Bisa dibuat mini outbond juga :D

    BalasHapus
  33. waktu saya kecil yang seoperti itu namanya sundah mandah :)

    BalasHapus
  34. Dakon.. bisa curang, sembunyikan keciknya di salah satu jari ..:p

    BalasHapus
  35. haha.. ceplokan.. iya Do.. serupa di mana-mana, namanya beragam.. :D

    BalasHapus
  36. Dakon? dulu aku kira ini mainan anak perempuan..

    BalasHapus
  37. aku biyen diuriki terus, suwe suwe dadi urikan aku.. :D

    BalasHapus
  38. Ini yang menyedihkan, sebetulnya.... Mainan2 ini hanya jadi sekedar nostalgia...bukan jadi mainan lagi. Makanya, yang seneng justru bapak ibunya.... Jadi gimana ya biar anak sekarang punya minat juga ama mainan-mainan ini?

    BalasHapus
  39. Mungkin jamannya memang sudah beda Mas.. selain itu sekarang anak-anak mana sempat kumpul sama teman-temannya dan main bareng-bareng sama tetangga gitu? sekolah saja udah sampai sore..

    BalasHapus
  40. I've the answer Yuu...

    Cekidot....

    BalasHapus
  41. Hehe.. janjane cekidot ki opo e....
    Takkiro nggawa kabar adhiku sing bagus dhewe kae...

    BalasHapus