Kamis, 17 April 2008

Kebanan, Kudanan, keceprotan..

Hari Rabu petang, 16 April 2008

Lepas maghrib saya pulang menuju Kalasan, langit sudah mulai mendung. Pas lewat Ambarukmo Plaza.. Brezz!!!!! hujan duereeesss jatuh tanpa pembukaan, tanpa gerimis sebagai foreplay :p.. whoaaa..saya langsung gelagepan di atas shogun 125.. mau ngapain? Mau minggir buat sekedar pakai jas hujan saja pasti sudah tambah basah kuyup.. Lagipula, banyak motor - motor gila yang langsung tancap gas sejadi - jadinya begitu hujan turun, membuat manuver sederhana seperti menepi saja jadi berbahaya (apalagi, hujan membuat pandangan dari kacamata saya blurred).

Akhirnya saya berhenti di  sebuah warung tenda, setelah jas yang saya pake basah kuyup :). Lumayan juga nunggu hujan reda sambil menyantap nasi uduk + ayam goreng + lalap + teh tawar panas :) Setelah kira - kira satu jam, setelah makan dan ngobrol sama pasangan Bapak Ibu setengah baya yang rela berboncengan berhujan hujan demi membeli makanan kesehatan untuk anaknya yang bekerja di Jakarta, hujan dan angin sudah berkurang, tinggal gerimis (yang tidak mengundang) yang tidak terlalu deras.

Perjalanan ke Kalasan pun berlanjut. Di depan Bandara, jalan yang sempit dan makin sempit lagi karena galian serat optik banjir kira - kira seperempat tinggi ban. Saya jalan pelan - pelan,  takut kalo tiba tiba ada lubang yang gak kelihatan karena banjir. Tiba - tiba.. Ceprot! sebuah mobil Honda Jazz yang lewat meliuk liuk kencang mengirimkan air + lumpur ke saya. Ugh..

Sampai di depan KR Kalitirto.. grimis makin deres.. tapi ada yang tidak beres dengan motor saya, jalannya kok megal megol.. waduh! jangan - jangan.... Yah! ternyata ban belakang motor saya kempis.. bocor! wekk.. ndorong juga akhirnyaa.. Pelan - pelan saya dorong motor menyusuri jalan Jogja - Solo yang gelap, hujan, tapi tetep rame dengan kendaraan. Keadaan makin sulit karena jalan itu sedang diperbaiki, setengah badan jalan ditutup. Jadi, saya terpaksa menuntun kendaraan di tengah jalan, sambil deg degan, takut ketabrak kendaraan lain dari belakang. Saya tahu, pejalan kaki atau pengendara sepeda tanpa lampu sering sekali tidak kelihatan di jalan yang gelap dan hujan..

Tiba - tiba ada yang memanggil," Bu... Bu... ke sana ..di situ..!"
Ternyata ada ibu - ibu yang - anehnya - badannya separo ada di dalam selokan di tepi jalan. Lagi ngapain dia? "Ada Tambal ban di situ..!" katanya lagi sambil menunjuk gapura masuk ke suatu desa. Saya ragu - ragu belok ke situ, tapi rasanya saya sudah nggak kuat mendorong motor lebih jauh lagi lewat jalan besar. Si Ibu itu makin kencang berteriak.."iya, di situ, ketok saja.." Saya ikuti sarannya, belok masuk ke gapura desa itu. Sepi, gelap, gerimis. Ada rumah kecil yang terbuka, beberapa orang makan di situ. Saya langsung menghampiri dan.. hampir saja pingsan oleh bau yang keluar dari situ.. prengus dan bikin mual.. :( 
Tapi saya kuatkan diri..
"Pak..,"tanya saya dari pintu.."Tambal ban dimana?" "
"Di belakang situ Bu.."terdengar jawaban, "Ketok saja.."

Pas pintu rumah saya ketok, saya dikejutkan oleh suara salak anjing bersahut - sahutan.. Saya langsung lari menjauh, apalagi pas seorang laki - laki keluar, telanjang dada hanya memakai kolor lusuh, seekor anjing langsung melesat maju sambil menyalak nyalak..saya langsung menjerit.."Paakkk..saya takut anjiinggg!!!"

Si Bapak telanjang dada ini kemudian memanggil anjingnya masuk, dan menyapa saya ramah,"mau nambal ban ya? tunggu sebentar.."Kemudian keluar seorang pemuda, telanjang dada juga, yang langsung mengambil motor saya dan siap - siap menambal ban. "Duduk di dalam sini, Bu.." kata si Bapak. Saya menggeleng, "Nggak Pak, terima kasih, saya takut anjing.." Sambil duduk di emperan saya perhatikan rumah di depan yang ada orang makan tadi, ternyata ada tulisannya mencang mencong di atas pintu "warung sengsu" (Warung tongseng asu alias tongseng anjing) woo.. pantesan baunya seram begitu.. Mungkin si pemilik warung sengsu itu juga nyambi nambal ban.

Jadilah motor saya ditambal di rumah itu. Lucunya, seluruh anggota keluarga lusuh itu ikut merubung si pemuda menambal ban. Si Bapak berjongkok sambil mengajak saya ngobrol, tentang perbaikan jalanyang tak selesai selesai, tentang jalan - jalan alternatif Kalasan - jogja, tentang Bus trans Jogja yang bagus tapi repot karena haltenya berjauhan:) Seorang perempuan muda (tentunya tidak telanjang dada) dan dua anak kecil ikut ngeriung di situ sambil sesekali tersenyum senyum ke arah saya. tak lama kemudian si Ibu yang tadi memanggil manggil saya, ikut bergabung. Bagian bawah kainnya basah..Saya tak sempat bertanya, ngapain dia berendam di selokan tadi.

Sebenarnya saya rada curiga. Jangan - jangan mereka juga yang masang paku di jalanan. Jangan - jangan nambalnya nggak bener. Jangan - jangan mereka orang nggak bener..jangan - jangan.... Penampilan mereka yang lusuh, ditambah bau sengsu yang bikin mual, ditambah mungkin dengan suasana jalan desa yang gelap, gerimis, dan sepi membuat pikiran buruk tumbuh dengan cepat.

Tapi seiring dengan obrolan kami, kecurigaan saya meleleh. Keluarga sederhana pemilik warung sengsu itu hangat dan polos. Proses penambalan ban pun, prosedural, "lege artis" :D artinya.. mulai dari pengecekan lubang, penambalan, pengecekan ulang dan pemasangan ban kembali, dilakukan dengan serius (tidak ditemukan paku besar penyebab bocor). Ketika motor saya selesai ditambal, mereka semua: Bapak dan anak yang telanjang dada, perempuan muda, dua anak kecil, dan si ibu, melepas saya ramai - ramai seperti mau difoto :) "Lewat jalan besar aja Bu, jangan lewat selokan, nggak aman." Pesan si Bapak.

Saya pun pulang dengan hati ringan..
Berapa kejadian lagi yang diperlukan agar kita tidak menilai orang dari penampilan luarnya?

Note:
Kebanan= kejadian ban bocor di jalan
Kudanan= kehujanan

Gambar dicomot dari sini



73 komentar:

  1. ora sisan kunduran ??

    hehehehehhe

    BalasHapus
  2. itu stok untuk jualan apa peliharaan ya?.....

    BalasHapus
  3. wah ojo nganti.. opo maneh kunduran truk...
    eh kunduran basa endonesa ne opo yo?

    BalasHapus
  4. Lha itu... nggak jelaas.. :D

    BalasHapus
  5. my poor hida.... udah kehujanan koq ya pas ban kempes pula.... :(

    a good lesson learnt though...

    BalasHapus
  6. aku kangen kudanan mba hiks gurun ga pernah ujan :(

    BalasHapus
  7. yahh, penonton kecewa. =))
    bocor ban gak harus ganti ban dalam kan? ;)

    BalasHapus
  8. wehh.. kae wae arep sinau basa endonesa neng australia :p

    BalasHapus
  9. walaah mbak...mesakke temen nasibmu...

    BalasHapus
  10. Di ceprot air honda mobil jaz kena wajah nggak mbak, wah kasihan he he he....... Memang sih terkadang tukang tambal ban di mana-mana suka masang jebakan puku di jalan-jalan agar ada kerjaan dan masukan penghasilan, tetapi tidak semuanya begitu, banyak pula tukang tambal ban yang baik-baik....

    BalasHapus
  11. waduh.. mrene wae.. lg akeh udan ki...:)

    BalasHapus
  12. wekk.. maunyaaaaaa..
    Iya.. tough lesson..
    ini jawaban atas reply saya ditempat mas Tian itu :D

    BalasHapus
  13. tapi tambah sedulur Wit, bakul sengsu :)

    BalasHapus
  14. nggak dooong, kita kan pake helm full face :D

    BalasHapus
  15. ya elah si mbake mesakke temen...

    ra popo ono hikmahe sing pnting....

    BalasHapus
  16. huehehe.. lumayan Mbaktika.. rada langsing nuntun motor..

    BalasHapus
  17. ya ampyun mbak, jan ngelus dada aku,
    tapi kae kewan ketoke arep dinggo lawuh karo sing nduwe sajake mbak, dadi njegog terus ;p

    BalasHapus
  18. waduh lengkap sekali 3K....nasib nasib ... nungtun montor berapa kilometer, mbak?

    BalasHapus
  19. mesakke men to nduk
    kudanan
    kecipratan
    mesti nambel ning tengsu

    BalasHapus
  20. ya ampyun... ra mbayangke... peteng2.. adem kudanan eh yo malah kebanan...
    ning ono hikmahe yo mbak...
    sukurlah...

    BalasHapus
  21. duh lengkap sudah penderitaan ya mbak Hida...tapi alhamdulillah happy ending yaaaaa...

    BalasHapus
  22. lah... ndisik aku sing takon nje????

    BalasHapus
  23. aku wingi yo kudanan je mbak, niate tuku mi jawa kanggo bapak-ibu
    numpak sepeda wis digenjot banter, balapan karo udan, tetep kalah :))
    tekan omah klebus

    BalasHapus
  24. kae rak basa enggres..
    kunduran = rear ended..

    BalasHapus
  25. iya nih.. nangsib lg apes, tp dapet tambahan sodara,.. hehe pemilik warung sengsu.. :D
    berapa kilo yaaa? berasa jauuuh banget..tapi kayaknya gak sampe sekilo kok..

    BalasHapus
  26. iya nih... kapan ke kalasan Oom.. mau nggak diajak nyengsu?

    BalasHapus
  27. ho-oh jeee.. isih didhawuhi prihatin ki..

    BalasHapus
  28. Jan-e mampir purimas rada lumayan yoo? ono bakmi jawa :D

    BalasHapus
  29. udah baca jurnalku yang satu ini belum...???......

    BalasHapus
  30. barusan meluncur ke sana.. :)

    BalasHapus
  31. lain kali bawa kamera kemana2.... biar bisa foto bareng sama keluarga warung sengsu :)

    BalasHapus
  32. Mba HIda, gmn kabarnya ? skr saya dah di Bali nih... sms terakhir saya sampe kan ?

    wah tetep ya.. kehujanan, makan mah harus ? heheeh

    BalasHapus
  33. AmbarukmoWWWw...............
    Perjalananku Boyolali-Jogja dulu, sekedar mw jalan2 dan nyari MP3. Kata temenku toko elektroniknya deket, sebelum ambarukmo, tapi dasar niatannya jalan2, nggak inget bahwa ambarukmo dah kelewatan, ketika itu beli MP3nya jadi di deket UGM.......................[-(

    Kangen jogja euy.....

    BalasHapus
  34. Wahhh, klw di Mesir sampean bakal ga bisa dunk jalan2 di Husein [daerah deket masjid al-Azhar] gang2nya banyak anjingnya Mbak, apalgi klw mw subuhan, udah gelap, peteng, dingin, bauk lagi.....bechhh....
    Tapi nyante, anjing disini kebanyakan baixXx ko, ana sendiri ngerasa lucuw, di negeri para anbiya' nasib dan presitise anjing ga se-diskriminasikan seperti di Indo, di jalan2, gang ke mejid banyak yg pada kongkow......

    BalasHapus
  35. Ck..ck..ck melas tenan mbak. Pancen wingi sore ki udane medeni,angine kuenceng tenan. Btw,sengsu tu mambu ra penak tho mbak? Duh,mending sengmbing x ya?hahaha,ga boleh jg tho. Ktemu segawon we ndodok njuk ethok-ethok nggolek watu nggo mbalang =))

    BalasHapus
  36. Pokoke Mbak Hida, udan-udan, kudanan, yo tetep mangan.

    BalasHapus
  37. makane lewat makro aja mba'... iks....iks..... :p

    BalasHapus
  38. jogja banget...'kudanan-keceprotan-kebanan'
    secara klo di jogja nge-motor ke mana-mana..akrab deh sama semua itu mbak...

    *kangen jogja

    BalasHapus
  39. terus muni "sumumbukmun,,mugo mugo asune ora weruh,,," ;p

    BalasHapus
  40. huehhehehe.. sekalian kopdar sengsu? :D

    BalasHapus
  41. sampe... Good luck ya! Jangan lupa Gusti Allah, di manapun...
    Makan sih wajib Mat..:D

    BalasHapus
  42. Yu Nyahni sinden kae?
    aku pilih neng Yu Harti wae..ayam goreng :p

    BalasHapus
  43. Aku sebenarnya juga pernah kok punya anjing, tapi serem juga kalo sama anjing asing, apalagi yang agresif gitu..

    BalasHapus
  44. justru kudanan itu pak.. bikin laparrr...

    BalasHapus
  45. wes surup je... wedi liwat jembatan angker.. :(

    BalasHapus
  46. kangen Jogja saja.. jangan kangen Kebanan.. :D

    BalasHapus
  47. lho rak mesthi too.... ora adoh adoh seko kono... :D

    BalasHapus
  48. huehehhehhee..
    luwih gampang ngundang tukang sengsu wae.. :D

    BalasHapus
  49. Wekeke, bener bgt mb;-). Malah nek kliatan ada segawon dari kejauhan udah komat-kamit doa mg segawone ga lihat,ga dengar juga:-D.

    BalasHapus
  50. Pengalaman yg unik dan jarang terjadi

    BalasHapus
  51. kalo kehujanan biasanya bonusnya keceprotan mbak, gak cuma honda jazz aja yang nyeprotin, apalagi klo jalan :D

    BalasHapus
  52. padahal segawon biar ngga liat ato ngga dengar tetep nyium bau kita 'kali..

    BalasHapus
  53. eh... ada mas Eko.. :) iya nih.. ketemu keluarga unik ..

    BalasHapus
  54. huehehhee..iya yaa..? musti hati - hati dan lapang hati.. :D

    BalasHapus
  55. Hoho iye ye,
    Sing ayat Al baqarah kuwi artine opo yo?*halah,g plu dibahas niy*
    Phobia anjing tenan je :-(...

    BalasHapus
  56. wah, kisah yg diceritakan membuat trenyuh, ....Kasian semua, termasuk yg kejeblos bannya ya? Duh! Moga2 kini gak papa!

    BalasHapus
  57. Uh, so touchyyyyyyyyyyyyy...

    Selalu ya, hikmah bertebaran dimana2 asal kita sabar memungutinya :-)

    BalasHapus
  58. Wah MP-er narsis sejati niy :-p

    Jadi inget Mas Mbot yg 'niat banget' ngejurnalin pelayan toko sepatu dulu itu :-p

    BalasHapus
  59. tinggal kepekaan "antenna" kita :D

    BalasHapus
  60. gapapa Mbak Thres, lumayan capek tp happy ending.. bocor saja kok, ngga pake kejeblos.. :D

    BalasHapus
  61. sama.. hehe, padahal dulu aku pernah punya peliharaan anjing :D

    BalasHapus