Kamis, 17 Juli 2008

Bethet thing thong, dll (bermain sambil menyanyi)

Hasil ngobrol dan wawancara dengan mbak Tika via YM.

Sebenarnya banyak sekali permainan tradisional Jawa yang seru, selain gobag sodor (galasin), benthik, dakon, dll. Nah, di antara sekian banyak permainan tradisional itu, banyak juga yang dimainkan sambil menyanyi. Antara lain...

1. Bethet thing thong
Caranya:
Beberapa pemain berdiri membentuk lingkaran.Para pemain mengulurkan tangan yang di genggam, terus yg salah satu mulai memalukan genggaman tangannya ke tangan pemain yang lain sambil rame - rame nyanyi.
Lagunya:
Bethet thing thong legendar gong, gong e ilang camcau gulatetes kedawung ilang

Pas kata  ilang yang terakhir, pemain yang tangannya kepalu keluar dari lingkaran. Yang terakhir kepalu pas kata ilang, kalah /dadi. Bisa disuruh apa saja, tergantung perjanjian :D.

2. Subyung
Caranya:
Para pemain membentuk lingkaran lagi. Setiap pemain mengulurkan jari terserah mau berapa jari, hampir sama seperti bethet thing thong, seorang pemain menghitung jari - jari yang terulur, sambil semua menyanyi bareng - bareng.
Lagunya:
subyung tanjung rek arek suroboyo suralancung ano kodok mlebu puncung, kudu sumbar awar awar cengklung

pas kata "cengklung" jari yang di tunjuk ditekuk. Diulangi sampai semua jari yg adadi dalam lingkaran habis. Yang terakhir kebagian "cengklung" kalah/dadi.

3. Cublak Cublak Suweng
Para pemain membentuk lingkaran, salah satu telungkup atau rukuk ditengah. PAra pemain kecuali yang telungkup menyanyi bersama - sama sambil menyentuhkan jarinya ke punggung anak yang di tengah.
Lagunya:
cublak cublak suweng, suwenge ting gelenter, mambu ketundung gudel, pak empong lelalegong sopo ngguyu ndelikake..

nah pas lagu itu sebutir kerikil diberikan ke salah satu  pemain, terus pada akhir lagu pemain yang tengkurep di tengah disuruh nebak siapa yang bawa krikil sambil pemain yang lain semua nyanyi: sir sirpong dele gosong sir sir pong dele gosong...
Kalau tebakannya benar, ganti yang ketebak itu jadi yang tengkurep :D

NAh.. ada yang mau nambah?
Ada yang ingat lagunya Soyang dan Jamuran?

Kalau Soyang cuma ingat lagunya, kalau gak salah:
"soyang, soyang, mbathik plangi dul Semarang, ya ya Bu, ya ya Pa,manuk Endra, kawan atus kawan dasa, e kawula ngenger, ngengerake, sandhang pangan luru dhewe”

Tapi mainnya piye yaa?

29 komentar:

  1. hahahahhaha. di tulis ke lo hahahaha

    BalasHapus
  2. Ho-oh aku gak ingat.. urusan dolanan kayak gini aku cuma kebagian dadi bawang kothong :D

    BalasHapus
  3. iya, aku kayaknya ada kasetnya tuh jamuran ;)

    BalasHapus

  4. Jamuran Jamuran

    Jamuran…
    ya ge ge thok ya ge ge thok
    jamur apa ya ge ge thok jamur apa ya ge ge thok
    jamur gajih mbejijih jamur gajih mbejijih
    sak ara-ara sak Ara-Ara
    sira mbadhe sira mbadhe jamur opo… jamur opo

    BalasHapus
  5. aku cuma tau cublak cublak suweng... mungkin karena dari kecil tinggal di Jakarta ya..

    BalasHapus
  6. aku mbiyen duwe kaset'e tembang dolanan.. neng endi ya?
    btw, vari malah mau bengi demam :(
    muga2 minggu wis mari

    BalasHapus
  7. lah kuwi wis akeh sing kelingan..

    BalasHapus
  8. Kok beda ya lagunya dg disini...
    kan mainnya kek jamuran... ada 2 orang yg bikin gerbang dg kedua tangannya disatukan, dinaikkan keatas, trus anak2 yg lain berbaris melewati gerbang itu... Mereka jalan sambil nyanyi, trus pas lagu selesai, gerbangnya turun, ntar ada anak yg ketanggap, trus... piye? lali aku... hahahahah

    BalasHapus
  9. aku ngertine cublak-cublak suweng thok ....sing liyane ra ngerti ki ...

    BalasHapus
  10. loh...Vari harus sembuh ya........kan aku pengen nyubit pipinya.......

    BalasHapus
  11. wah mbak.. aku yo lali jhe piye carane dolanan soyang.. mung eling capet-capet tapi akeh laline..!

    BalasHapus
  12. Iyo kelingan mung capet2... Iki mau padhang mbulan, dadi kelingan dolanan jenenge lepetan, tp wis lali carane

    BalasHapus
  13. Hehe.. mbak agnes masih ingat.. thx.. terus mainnya gimana yaaa? lali je.. jamuran

    BalasHapus
  14. iya.. cublak cublak suweng paling top ...

    BalasHapus
  15. wes mari rung Vari? sakke cah ayu lara.. :(

    BalasHapus
  16. ayoo ditambahi Dy.. soyang .. lepetan..

    BalasHapus
  17. sik.. sik .. kuwi ketoke dudu jamuran je...

    BalasHapus
  18. dolanan asli nganjuk opo yoo?

    BalasHapus
  19. ketoke yen mbak difla ki pantese dolanan sepak sekong karo boi boi nan

    BalasHapus
  20. wah aku yen padhang mbulan kelingan liyane je.. :p

    BalasHapus
  21. mbuh, aku ki jaman SD ndisik dolanane yo bekelan, gedrik/engklek, bentengan, nekeran, patil lele, lompat tali ...

    BalasHapus
  22. insya Allah besok ada.....cuma kalo nekeran masih belum ada hehehehe

    BalasHapus
  23. sepak sekong, ono ra yo? :D

    BalasHapus
  24. waduh opo maneh kuwi mbak????

    BalasHapus
  25. beresss
    tak link karo nggonaku yo mbak

    BalasHapus
  26. wakakaka sepak sekong ki nganggo bal plastik kae

    BalasHapus
  27. wkwkwkwkwkw..lucu ya mbak, jaman mbiyen bocah cilik trengginas, mergo yo kui..dolanane podho karo olahraga!

    BalasHapus
  28. ndhisik jaman cilikanku neng kauman ono dolanan jenenge "wilwa" = dijawil njuk digawa...

    BalasHapus