Rabu, 16 Juli 2008

Keisengan waktu kecil

Terinspirasi dari jurnalnya mbak Tika.
Dulu waktu masih sekolah di SMP 8 Terban Yogyakarta, kadang - kadang, kalau lagi nggak males, kelebihan energi, atau pengen nabung uang jajan, saya suka jalan pulang dari sekolah. Lumayan jauh, kira-kira 30 sampai 45 menit sampai ke rumah.

Lewat jalan Jendral Sudirman ke barat sampai ke Tugu, belok kanan, Jetis, ke kiri, Jl. Monginsidi. Nah mau masuk kampung Blunyah, pasti lewat sederetan tukang - tukang becak pada mangkal di pinggir selokan Jetis.

Oh iya, di Jogja ini,  kalau mau memakai jasa tukang becak, calon penumpang suka nanya,"Pak, becake diagem?" maksudnya,"Pak, becaknya dipakai?" maksudnya, ya, siapa tahu, pak becaknya lagi nunggu penumpang atau janjian njemput penumpang. Kalau dijawab, "mboten" (tidak), baru transaksi berlanjut. Mau diantar kemana dst.

Beberapa kali lewat situ, memperhatikan interaksi para tukang becak yang mangkal di pinggir selokan itu, jiwa iseng saya yang (waktu itu) sedang tumbuh, kumat sekumat - kumatnya.
Saya dekati salah satu tukang becak:

Hida : Pak, becake nembe diagem? (Pak,  becaknya baru dipakai?)
Pak Becak: Mboten, monggo, badhe tindak pundi? (Tidak, silakan, mau pergi ke mana?)
Hida:.mmm
Nggih pun Pak, nek mboten kagem, pun buwang mawon teng selokan!
(Ya sudah Pak, Kalo nggak dipake, buang aja ke selokan!)

Pak becak pun marah - marah:
wooo.. bocah ra ngerti tata.. anake sapa kuwiii!!
(Anak nggak tahu sopan santun, anaknya siapa itu...)

Saya pun lari sekencang - kencangnya.. 

Tetapi, Sodara - Sodara.. ternyata bertahun - tahun kemudian, setelah saya kenal sepeda motor, saya pernah jatuh Njumping ala pembalap kampung tepat di belokan itu, dan tanpa ampun, saya dan sepeda motor bebek Yamaha milik kakak, nyebur ke selokan Jetis itu. Dan siapa yang menolong saya, ngentas saya dari kubangan bau itu? Ya.. para tukang becak yang mangkal di situ sambil main gaple .. Bahkan salah satu dari mereka dengan sukarela (dan menolak dibayar) mengantar saya pulang ke rumah orang tua di Karangwaru.

Benar sekali ungkapan, Tuhan tahu, tapi menunggu..



70 komentar:

  1. ora kuwalat ding.. diwelehke.. :D

    BalasHapus
  2. aaaaahhhh..... my andrea's quote!!!

    :D :D :D :D :D

    BalasHapus
  3. whaahahahahahahhahaha..... jahilllll.... anake sapa kuwiii??

    BalasHapus
  4. Andrea kan juga quote dari orang lain.. :D

    BalasHapus
  5. ucapanmu adalah doamu hihihihi

    BalasHapus
  6. emang isa kuat mlayu ? wong ginuk2 ngono kok badan e

    BalasHapus
  7. nurun dari sapa yaa.. ga tau.. Bapak Ibu saya alim jee..

    BalasHapus
  8. isih langsing nik budeh durung lansung hahaha

    BalasHapus
  9. aaah... pokoknya aku taunya itu andrea's deeeh pokoknya....

    ;p ;p ;p ;p ;p

    BalasHapus
  10. kamu yakin ga ketuker waktu di rumah sakit hid?

    ^__^

    BalasHapus
  11. pertanyaan yg cukup bagus hihihihi

    BalasHapus
  12. kuwiiiiii rak malah ngonekke!!!!!! dosa mlebu neraka!!!

    BalasHapus
  13. hehe.. iya deh...
    *kurelakan si bau tancho untukmu*

    BalasHapus
  14. huehhehheee.. menurut sejarah, :p, emang lagi pengen punya anak yang jahil menggemaskan waktu itu Bapak Ibu.. rada bosen punya sebelas anak yang manis tertib.. :P

    BalasHapus
  15. wiiih.. malah ngakoni yen Gusti Allah ki ora sare :p

    BalasHapus
  16. Waa kecut dong, mbak Hida... hihihihi... :)

    BalasHapus
  17. lah kok muni Tuhan kuwi tahu???? harak kurang ajar banget to......dosa ,,,nganggo rawit ra kuwi?

    BalasHapus
  18. hehe.. iya, pelajaran yang mahal..

    BalasHapus
  19. secara dia juga kurang brewokan khan... jadi kamu rela-rela ajah?

    :P :P :P

    BalasHapus
  20. Woo.. dasar kancane jaka lelur.. marai mumet wae..

    BalasHapus
  21. eh mbak ngemeng ngemeng tentang si JOKO LELUR
    sida nglalu ra? sidane sumur pompan ndi sing nggo nyemplung? hahahaha
    cinta,,,,,oh,,,,

    BalasHapus
  22. Gek gek Jaka Lelur ki cen kw.. yoo...
    cinta kok direwangi nglalu.. rugi men..

    BalasHapus
  23. turu!!! wis wengi, sesuk derep esuk esuk!!!

    BalasHapus
  24. hehheheheheh maap maap :p

    eh mba selokan mataram jarene angker yo? aku biyen jaman kul di yogya suka wedi pulang malem lewat situ :D

    BalasHapus
  25. hati emas bisa jadi punya siapa saja.


    dulu bercita-cita jadi juara motor cross ya mbak......

    BalasHapus
  26. ooooooo ... xixixixixi.
    berarti dekat ya rumahnya dengan kos kos an ku dulu, yg di pakuningratan

    BalasHapus
  27. Hehehe! Geli asli! Lutuuuuuuuna! Nakal juga yak!

    BalasHapus
  28. duh jadi takut kuwalat nih........
    berhubung waktu kecil OR juga nakal banget...........:D

    BalasHapus
  29. huahahaha.... jail banget sih... :D

    BalasHapus
  30. huahahaha .....pancen bocah ra ngerti tata tenan ki ..:)))

    BalasHapus
  31. yg nyemplung selokan dulu pernah diceritain,
    dan akhirnya tiap nganter jemput Iyog lewat selokan, aku tuh masih suka mikir ....gimana ceritanya mbak Hida kok bisa nyemplung selokan ya ? opo ngebut trus sleot ...nyebur...opo piye ?
    :-p

    BalasHapus
  32. :O hooooooo :O

    tapi, kalo masa kecil ga bandel .. macam makan tanpa garam ;D

    BalasHapus
  33. saiki piye ??
    isih koyo mbiyen ora??

    :p

    BalasHapus
  34. hahahha, jan celelekan tenan..

    BalasHapus
  35. we lah...... mbak Hida ... juga ikut ikutan nglidig ya.......ha ha haha

    BalasHapus
  36. waaa...
    "tuhan tahu, tapi menunggu"
    kutipan ini selalu bikin aku bergidik *yaya...mengingat keisengan yg berlipat2 dimasa2 yg lewat* :(

    BalasHapus
  37. kekekekeekke...itu namanya ketula mbak ^_~

    BalasHapus
  38. .. Jaka Lelur kok arep derep.. angon noh..

    BalasHapus
  39. selokan mataram kan panjang.. yang sebelah mana duluuu...

    BalasHapus
  40. hehe.. tau mlaku bareng Fatun.. :D tapi Fatun ki anteng..

    BalasHapus
  41. Iya... tukang becak berhati emas ya mbak Atik.. Iyaa.. dulu emang pengen jadi pembalap,.. sebelum ngerasain nyebur selokan bau..

    BalasHapus
  42. Iya Mbak.. dari pakuningratan masih ke utara lagi, utara kricak :D

    BalasHapus
  43. wiih.. pak Yo kii.. mosok aku dibilang cewe nakal..
    *ngambek.com*

    BalasHapus
  44. wahai anak - anak nakal.. bertobatlah!

    BalasHapus
  45. Jan-e sing pas ki keweleh An.. :D

    BalasHapus
  46. dasar pembalap kampung Jeng..
    Ngebut, kecepatan tinggi, jadi pas tukungan tajam kan lingkaran nya jadi gede.. mau dibanting udah nggak nyampe.. padahal di pinggirnya selokan.. jadi njumping dan byuuur!

    BalasHapus
  47. dasar pembalap kampung Jeng..
    Ngebut, kecepatan tinggi, jadi pas tikungan tajam kan lingkaran nya jadi gede.. mau dibanting udah nggak nyampe.. padahal di pinggirnya selokan.. jadi njumping dan byuuur!

    BalasHapus
  48. hehe.. gak bisa ngejurnal yaa.. :D

    BalasHapus
  49. ora kok.. saiki wes dadi wong apik kok.. ga pernah ngejailin tukang becak :p

    BalasHapus
  50. owalah mbak, kita satu almamater yo? aku juga ex-octo, 92-95. hehehe, jogja memang kecil. sapa lagi alumni smp 8 yk???
    rumah saya dulu di deket kelurahan karangwaru, kubota masuk ke barat belakang ajinomoto. tapi kalo pulang jalan jalurnya terban ke utara, trus pujayo (sekarang karita) nyidat ke barat tembus jembatan sarjito, per4an jetis ke utara ato lurus sama aja. kalo ke utara nyidatnya lewat dalem kampung blunyah ntar tembus belakang pasar karangwaru, kalo terus dan lewat bangirejo, nyidatnya lewat bangirejo, nyusur sungai kecil di belakang borobudur plasa.
    walah jadi mengenang masa lalu ki, jaman isih numpak pit federal second tekan ngendi2

    BalasHapus
  51. wadaw... aku lulus tahun 84.. hehe..
    alumni smp 8 ada tuh mbak Asih
    Woo.. ternyata kita tetanggaan yaa?

    BalasHapus
  52. kenna deh...mbak hida hehe

    BalasHapus
  53. hehe.. Tuhan memang tahu... :)

    BalasHapus