Kamis, 16 Juli 2009

Hasil jumpa pers kemarin: Obat Flu Aman untuk Ibu Hamil

http://id.news.yahoo.com/tmpo/20090716/tid-obat-flu-aman-untuk-ibu-hamil-5c898dc.html
Kopipas dari link di atas:

Tempo - Kamis, Juli 16

TEMPO Interaktif, Yogyakarta - Pusat Studi Farmakologi Klinik dan Kebijakan Obat (PSFKKO) UGM melatih ibu-ibu hamil cakap memilih obat flu yang aman. Pelatihan dilakukan terhadap sejumlah ibu-ibu hamil yang sedang mengikuti program pra-persalinan di rumah sakit bersalin Sakina Idaman, Sleman. »Ide dasar pelatihan ini adalah kecenderungan ibu-ibu hamil yang memilih tidak mengkonsumsi obat flu karena khawatir akan berpengaruh pada perkembangan janin,” jelas Sri Hidayati, peneliti PSFKKO UGM kepada wartawan di kampus UGM, Kamis (16/7).
ADVERTISEMENT

Pelatihan meggunakan metode CBIA-Pregnancy (Cara Belajar Ibu Aktif-Pregnancy). Mereka dilatih untuk mencermati keterangan yang tercantum pada kemasan obat flu yang dijual bebas. »Selain kompisisi obat, ibu-ibu itu juga dilatih untuk mencermati indikasi dan kontra-indikasi yang tercantum dalam kemasan obat bebas. Sebab, ada obat flu yang mencantumkan peringatan agar tidak dikomsumsi ibu hamil,” jelas Sri Hidayati.

PSFKKO UGM mencatat pelatihan selama dua bulan ini telah meningkatkan kesadaran dan ketrampilan ibu-ibu hamil untuk memilih obat flu yang aman. Ibu-ibu hamil, kata Sri Hidayati, tidak lagi takut meminum obat flu karena sudah trampil memilih obat flu yang aman.

»Pelatihan ini sekaligus memberi kesadaran terhadap masyarakat agar tidak fanatik terhadap merek obat flu tertentu. Sebab, masyarakat makin trampil memilih obat dengan cara mencermati komposisi, indikasi dan kontra-indikasi yang tercantum dalam setiap kemasan obat yang dijual bebas,” jelas Sri Hidayati yang menambahkan bahwa metode CBIA-Pregnancy ini diadopsi di Kamboja dan Laos serta satu negara di Afrika.

HERU CN

8 komentar:

  1. Intine, obat flu yang aman buat ibu hamil itu koyo opo, Mbak? Tolong dijelaskan dengan singkat :)

    BalasHapus
  2. baca semua informasi yang ada dalam kemasan, Gung.. tidak dapat dihafalkan, karena jumlah obat flu bertambah terus..

    BalasHapus
  3. intinya begini, UU ttg registrasi obat telah mewajibkan semua obat yang terdaftar untuk mencatumkan informasi tttg obat untuk konsumen, termasuk perihal keamanan obat untuk pemakaian dalam kehamilan dan menyusui. Oleh karena itu, obat - obat yang tidak aman digunakan selama kehamilan dan menyusui, telah mencantumkan keterangan ttg hal itu. Dengan mencari informasi itu, dan membandingkan kandungan obat dengan peringatan dan obat tanpa peringatan, konsumen dapat mempelajari dan memilih, mana obat flu yang aman.

    BalasHapus
  4. Gampangnya.. baca dan cari dengan teliti peringatan ttg pemakaiannya pada kehamilan. Jika tidak ada peringatan, dan kehamilan tidak ada dalam kontra indikasinya, dan obat itu memang terdaftar (cari nomor registrasi dan produsennya), Insya Allah aman.

    BalasHapus
  5. ahh tenang selama obat flu tidak membuat ibu hamil

    BalasHapus
  6. luwih aman neh yen ngombene karo nganggo alkon, Mas.. :D

    BalasHapus
  7. kapan kasih paltihan nang bandung :)

    BalasHapus
  8. Waa kapan yaa.. manut, pm ya..

    BalasHapus